Monday, January 03, 2011

Menulis rumus matematika di Blog Wordpress!!!

Ada pertanyaan dari rekan guru mata pelajaran Matematika, Pak Yoga bagaimana cara memasukan atau menulis rumus matematika di Blog MAN 9 Jakarta, beliau sudah mahir memasukan berita dan artikel di blog nya, tetapi mengalami kesulitan ketika memasukan rumus matematika. Alamat blog MAN 9 Jakarta http://blog.man9-jkt.sch.id dimana setiap guru dapat mendaftar dan memiliki sub domain blog di web blog sekolah tersebut, contohnya saya memiliki blog di MAN 9 http://yoga.blog.man9-jkt.sch.id , untuk guru yang belum memilikinya, tunggu apa lagi !!!, Daftar di sini, dapatkan email MAN 9 serta blog nya, sudah saatnya pembelajaran tiada batas waktu dan jarak, salah satunya dengan adanya fasilitas email dan blog MAN 9 di sekolah yang sudah tersedia sejak tahun 2007 lalu.Rasa senang mendengar pertanyaan dari seorang rekan kerja dalam hal penggunaan rumus Matematika di blog MAN 9, sebenarnya jika rumus matematika tersebut sudah di buat di MS Word dengan menggunakan Equation editor, kita bisa saja screenshoot rumus tersebut dengan menekan printscreen di keyboard dan kita masukan gambarnya ke dalam postingan kita yang membutuhkan rumus. Selain cara tersebut kita juga dapat menggunakan plugin WP Latex yang terdapat di wordpress.org, tanpa basa-basi saya langsung install plugin tersebut, nah sekarang web blog MAN 9, guru mata pelajaran Matematika, Fisika maupun Kimia dapat menulis rumus-rumus di blog mereka masing-masing.


Lalu bagaimana cara penggunaanya?, cara penggunaanya tidak begitu mudah ternyata, kita harus menghapalkan code dari latex tersebut, misalnya kita tulis akan menghasilkan rumus seperti ini untuk lebih detail cara penggunaannya dapat dilihat di Faq dari plugin tersebut. Plugin Wp Latex hanya dapat digunakan di CMS Wordpress yang mempunyai domain sendiri bukan di wordpress.com atau yang telah di install di hosting yang kita miliki. Lalu bagaimana caranya menulis rumus matematika di alamat blog yang kita buat di wordpress.com? contohnya saya memiliki alamat blog bukan di MAN 9 tetapi di wordpress.com ( http://c47ur1980.wordpress.com ) ternyata caranya lebih mudah, dan juga dapat diterapkan di blog yang telah memiliki nama domain sendiri dan kita tidak perlu menghapal code latex tersebut, caranya adalah membuat rumus tersebut secara online di web http://www.codecogs.com/latex/eqneditor.php atau juga dapat klik disini setelah kita buat rumusnya kita dapat mendowload berupa gambar dan html setelah itu kita masukan ke dalam tulisan /artikel yang ada rumus matematikanya dengan memasukan gambar tersebut atau memasukan script htmlnya.


Selamat mencoba untuk guru Matematika, Fisika, Kimia atau guru lainnya yang kesulitan memasukan rumus-rumus. Jika ada kesulitan, Insya Allah saya dapat membantu melalu chat di YM maupun web jejaring pertemanan yang saya miliki.

No comments: